Total Tayangan Laman

Senin, 02 Mei 2011

Suami/Istri WN Asing dalam Proses Pembelian Rumah/Tanah

Tring...!
Bunyi message di handset saya memanggil. Bila saya tidak sedang mengerjakan sesuatu yang penting, mungkin tangan saya telah refleks meraihnya.
..............................................................
..............................................................

Ping...!
Panggilannya mendesak. Biasanya ada yang urgent, meskipun kadang tidak penting-penting amat. :P
Misalnya,"Ros, elu udah mandi belum? Bentar lagi gw jemput." Begitu bunyinya. Gak penting banget. Tapi urgent karena keburu kawan saya itu sampai rumah dan membuat saya pontang-panting. Saya pun beranjak dan menyempatkan diri menengok pesan tersebut, khawatir suami tercinta yang memanggil.

"Ros, aku mau beli rumah, nih. Gimana caranya?" Bunyi message itu.

Pertanyaan itu jawabnya mudah. Beli saja, bayar dan selesai. Itu bila pembelinya adalah seorang WNI (Warga negara Indonesia) atau WNI bersuamikan/beristrikan WNI juga. Lain ceritanya bila yang akan membeli seorang WNI bersuamikan/beristrikan seorang WNA (Warga Negara Asing). Seperti kawan karib saya ini.

Persoalan muncul ketika ada peraturan Undang-undang Peraturan Agraria yang tidak memperbolehkan seorang WNA mempunyai Hak Milik atas Tanah di bumi persada ini. Pasal 9 UUPA menyatakan bahwa hanya WNI yang dapat mempunyai hubungan sepenuhnya dengan bumi, air dan ruang angkasa. Dijelaskan dalam penjelasan resminya, hanya WNI saja yang dapat mempunyai hak milik atas tanah. Hak milik kepada orang asing dilarang (Pasal 26 ayat 2 UUPA), dan pelanggaran terhadap pasal ini bersanksi batal demi hukum.

Namun, undang-undang tidak menutup kemungkinan WNA dan badan hukum asing dapat menjadi pemegang Hak atas Tanah. WNA dan badan hukum asing dapat menjadi pemegang hak atas tanah, namun terbatas pada Hak Pakai.

Hak Pakai untuk WNA ini juga agak berbeda dengan Hak Pakai yang dipegang oleh WNI. Hak pakai atas Tanah oleh WNA hanya dibatasi sampai dengan 25 tahun, lalu dapat diperbarui. Perbedaannya dengan Hak Pakai atas Tanah oleh WNI, meski sama-sama mempunyai jangka waktu masa berlaku sampai 25 tahun, WNI dapat mengajukan perpanjangan atas Hak Pakai tersebut.

Lalu bagaimana dengan permasalahan teman saya tadi?

Dia sebagai WNI yang bersuamikan WNA ingin memiliki tanah dan bangunan di tanah kelahirannya, Indonesia. Langkah yang perlu diambil adalah :

1. Apabila mereka belum menikah, sebelum menikah sebaiknya membuat Perjanjian Pra Nikah atau Prenuptial Agreement. Perjanjian ini biasanya berisi mengenai pengaturan hak dan kewajiban serta harta benda dalam perkawinan tersebut. Isinya bebas, boleh apapun asal halal dan tidak melawan hukum.

Perjanjian ini perlu dibuat dengan Akta Notaris. Dengan Prenuptial Agreement ini akan jelas akibat-akibat dan keuntungan hukum kedua pihak dalam melakukan tindakan hukum selama dalam pernikahan. Pun apabila kedua suami istri yang terikat dalam Prenuptial Agreement diperbolehkan menjadi pihak yang terpisah sebagai pemegang saham dalam satu badan hukum yang didirikan berdua. Yang oleh suami istri tanpa Perjanjian Pra Nikah tidak dapat melakukannya, meski sama-sama WNI.

2. Apabila WNA menginginkan memiliki rumah dan tanah atas namanya, diperbolehkan, namun Hak atas Tanah yang diberikan adalah Hak Pakai yang berlaku selama 25 tahun, dan dapat diperbarui lagi selama 20 tahun. Dalam hal ini, WNA dapat memiliki misalnya Apartemen atas namanya sendiri.

3. Apabila WNI menginginkan memiliki rumah dan tanah atas namanya, diperbolehkan memiliki Hak apapun, Hak Milik boleh, HGB boleh, apapun, namun WNA suami/istrinya harus  memahami bahwa WNA sama sekali tidak akan mempunyai Hak atas Tanah secara formal atas tanah/bangun tersebut.Saat proses pembelian ataupun pelepasan Hak atas Tanah tesebut pun, WNA tidak perlu secara formal ada sangkut pautnya dengan proses hukum yang berlangsung.

Dan panjanglah diskusi saya dan kawan saya itu melalui layar sebesar 2.5 inchi diagonal itu. Sekarang saatnya saya pijat jempol ini. >.<



Disusun oleh :
Rosita Yuwanasari, S.H, MKN.
(resmi banget yah? pengen liat bagus enggak dipajang di tulisan hihihi....sekali2 bolehlah nampang di sini, susah payah emak, bapak terakhir suami bayar spp-nya hehehe :P)
Bumi Serpong Damai, Banten
Senin, 28.03.2011
21.49 p.m.

35 komentar:

  1. Yth Ibu Rosita,

    Mohon penjelasan lebih lanjut atas point nomor 3 diatas. Apakah WNI yang sudah telanjur menikah dengan WNA tanpa prenup dapat membeli & menjual properti status Hak Milik (hanya atas nama WNI)?

    Jika tidak, apakah ada jalan keluar lain?

    Terima kasih,
    Briana

    BalasHapus
  2. Dear Ibu Briana,

    mohon maaf saya baru membalas pertanyaan Ibu sekarang karena baru pulang dari perjalanan jauh.

    Untuk WNI yang bersuamikan/beristri WNA tanpa prenup tetap dapat memiliki hak atas tanah dengan status Hak Milik. Namun suami/istri WNA secara hukum tidak memiliki keterkaitan dengan tanah tersebut.

    Semoga dapat membantu, Ibu...

    BalasHapus
  3. Dear Ibu Rosita

    Apakah hukumnya kuat bagi WNI tentang hak kepemilikan atas tanah yang berstatus hak milik, yang bersuami/istri WNA. Karena saat ini saya menggunakan nama kakak, karena tanpa prenup. Sebenarnya banyak yang bingung soal kepemilikan property. Mohon kiranya penjelasan dari Ibu.

    Terima kasih
    Nia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ibu Nia,

      insya Allah hukum mengenai kepemilikan tanah Hak Milik kuat berdasarkan Hukum Tanah/Agraria RI, meskipun pemilik mempunyai istri/suami WNA.

      Yang menjadi permasalahan sebenarnya WNA tidak diperbolehkan mempunyai Hak Milik atas tanah dan bangunan di wilayah RI, Ibu...jadi selama WNI yang memiliki Hak Milik atas tanah dan bangunan tersebut, maka sah dan kuat berdasarkan hukum.

      Semoga membantu, Ibu...:)

      Hapus
  4. Dear Ibu Rosita,

    Sekarang saya juga ada masalah seperti ini juga. Saya sekarang nak beli perumahan tapi kredit di bagian bank bilang sama saya bahwa saya tidak boleh ambil KPR karena istri saya orang asing. Dan kalau memang mau ambil KPR, saya harus buat surat pisah harta dulu. Apakah statement itu masih berlaku. Tolong di advise.

    Terima kasih
    Doyo

    BalasHapus
  5. Dear Ibu Rosita,

    Sekarang saya juga ada masalah seperti ini juga. Saya sekarang mau beli apartemen tapi kredit di bagian bank bilang sama saya bahwa saya tidak boleh ambil KPA karena istri saya orang asing. Dan kalau memang mau ambil KPA, saya harus buat surat pisah harta dulu. Apakah statement itu masih berlaku. Tolong di advise.

    Terima kasih
    Candra

    BalasHapus
  6. Kepada Ibu Rosita,

    Untuk kondisi ingin bersuamikan WNA, mohon bantuan apa kalimat dalam perjanjian prenup yang harus ditulis untuk menghindari masalah seperti yang dihadapi Pak Doyo dan Candra diatas.

    Salam,
    Riny

    BalasHapus
  7. Bu Rosita,

    Tumpang tanya. Jika WNA memiliki properti dengan status HAK PAKAI, bagaimana proses pengalihannya nanti?Apakah seperti jual beli properti biasanya atau ada ketentuan tertentu?trims

    BalasHapus
  8. bu rosita mau info juga dong, bagaimana dengan tanah atau rumah yang dimiliki sebelum menikah, apakah akan menjadi masalahan nantinya jika saya menikah dengan WNA?

    BalasHapus
  9. Halo Setiap Satu, nama saya mrsbettyjune dari Indonesia, aku segera ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet harap sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan penipu, ada banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet tetapi beberapa dari mereka adalah asli, saya ingin memberikan kesaksian ini tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman dan pinjaman ini genus nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa kredit lender di sini di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, asuransi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan pinjaman saya mereka. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet saya scammed beberapa kali tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka jadi aku frustrasi dan yang meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya dipegang teman saya yang baru-baru ini mendapat pinjaman online, saya menghubunginya kita membahas tentang masalah dan dia mengatakan kepada saya tentang seorang wanita yang disebut Mrs Jane Morrison yang merupakan CEO dari Jane Morrison Perusahaan Kredit. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 1,5%, tidak mengurus usia saya, karena saya mengatakan kepadanya bahwa saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dibuat dan pengalihan pinjaman berhasil dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan impian saya datang melalui. Jadi saya ingin saran bahwa siapa pun yang membutuhkan pinjaman genus cepat email dia sekarang melalui janemorrisonloanfirm@gmail.com. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. untuk informasi lebih lanjut hubungi saya via bettyjunewheeler@gmail.com

    BalasHapus
  10. Halo, nama saya adalah Aceng, saya mendapat pinjaman saya di Dianarobertloanfirm, saya ditipu berkali-kali, saya menyarankan kepada Anda adalah bahwa Anda harus hati-hati dan pikiran jenis pinjaman perusahaan Anda menerapkan pinjaman dari, saya sangat berhutang budi dengan jumlah besar uang, dan tidak ada tempat untuk membayar kembali dan melalui proses yang saya ditipu dan dibodohi lagi, Terima kasih Tuhan untuk teman saya yang memperkenalkan saya kepada ibu yang baik Diana yang akhirnya mengabulkan pinjaman, saya harus memberitahu Anda bahwa pertama kali saya bertemu ibu yang baik Diana, itu sangat sulit bagi saya untuk percaya padanya karena pengalaman masa lalu saya, tapi dia membuktikan kepada saya bahwa adalah dapat dipercaya dan perusahaan yang sah, sehingga Anda membutuhkan pinjaman cepat mendaftar melalui via: dianarobertloanfirm@gmail.com dan dianarobertloanfirm@accountant.com, Anda dapat menghubungi saya melalui ini: ekaaceng@gmail.com, saya yakin Anda oleh Allah yang harus Anda mendapatkan pinjaman Anda jika Anda menerapkan

    BalasHapus
  11. Halo teman-teman, ini bukan lelucon. Itu sangat benar apa yang orang bilang tentang Islam serikat kredit. Aku telah membaca kesaksian dari lebih dari 4 orang di lokasi ini tentang bagaimana mereka punya mereka pinjaman dari mereka. Saya ingin memberitahu anda sekarang bahwa aku telah juga pergi ke sana untuk mencoba dan aku telah kembali. Aku hanya mendapatkan pinjaman dari mereka juga untuk meningkatkan bisnis saya. Aku tidak punya banyak hal untuk mengatakan. Sekarang aku harus pergi dan saya kembali, saya hanya saran untuk semua benar-benar mencari cepat pinjaman ini untuk menghubungi mereka tanpa rasa takut melalui mereka email (frb228815@gmail.com) dan kamu akan kembali ke sini juga memberi kesaksian anda dalam beberapa hari lagi. Ikuti mereka semua instruksi dan mereka prosedur untuk memberikan keluar pinjaman. Harus jujur dengan anda, mereka hanya akan meminta anda untuk mendapatkan PPI asuransi bond untuk menutupi keamanan untuk pinjaman karena anda tidak menyediakan ada jaminan. Tidak menyembunyikan tuntutan. Setelah anda mendapatkan PPI, kau akan mendapatkan pinjaman merosot. Lupa tentang apa yang orang-orang mungkin akan mengatakan tentang online pinjaman pemberi pinjaman. Ya itu benar ada beberapa yang palsu. Aku juga punya rasa takut seperti itu di masa lalu. Tapi dengan pengalaman dengan Islam serikat kredit, aku datang untuk menyadari bahwa ada masih beberapa baik dan sah secara online pemberi pinjaman saya telah menegaskan diri sendiri bahwa Islam serikat kredit yang sangat berbeda dan mereka adalah yang terbaik yang online pemberi pinjaman di mana semua orang berlari untuk sekarang, bekerja cepat dan terjangkau pinjaman.Jadi menghubungi mereka, hari ini, dan kau juga akan mengalami kebebasan finansial seperti diriku dan yang lainnya.

    BalasHapus
  12. Apakah Anda sedang mencari pinjaman untuk membangun bisnis Anda, Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda, Anda telah ditolak oleh bank dan lain keuangan
    lembaga? mencari lagi, karena kami berada di sini untuk membuat semua keuangan Anda
    masalah sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana untuk individu yang membutuhkan bantuan keuangan pada tingkat bunga rendah dari 2%, pinjaman kesempatan waktu hidup. kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Somalia saat ini untuk menghubungi kami melalui email: anitacharlesloancompany@mail.co kami

    INFORMASI peminjam
    1) Nama Lengkap: ............
    2) Negara: ..................
    3) Alamat: ..................
    4) Negara: ........................
    5) Sex: ..............................
    6) Status Pernikahan: .........
    7) Pekerjaan: .....................
    8) Nomor Telepon: ...............
    9) Posisi Saat di tempat kerja: ......
    10) Pendapatan Bulanan: ........................
    11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ............
    12) Pinjaman Durasi: ...........................
    13) Tujuan Pinjaman: ..................
    14) Agama: ....................................
    15) Apakah Anda Terapan sebelum ............

    anitacharlesloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  13. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk investasi yang lebih besar? Pinjaman untuk ekspansi bisnis? Pinjaman untuk investasi baru? Pinjaman untuk melunasi utang jangka panjang dan tagihan. Mencari lagi, MODAL KEUANGAN PINJAMAN PERUSAHAAN dalam hubungannya dengan MODAL KEUANGAN KREDIT PERUSAHAAN, menawarkan pinjaman dengan bunga rendah, non agunan. Kami di sini untuk menempatkan dan mengakhiri kemiskinan dan pengangguran, karena setiap orang memiliki / potensi sendiri. Hubungi kami hari ini dan Anda akan menjadi salah satu pelanggan kami yang terhormat. Email: capitalfinancialloanfirm@gmail.com

    Terima kasih atas dukungan Anda.

    MODAL PINJAMAN KEUANGAN PERUSAHAAN
    Email: capitalfinancialloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  14. Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita dan Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda ?? Apakah Anda membutuhkan modal untuk memulai bisnis? Apapun masalah pinjaman Anda mungkin, di sini datang membantu Anda karena kami menawarkan pinjaman kepada individu dan perusahaan pada tingkat bunga rendah dan terjangkau.
    Hubungi kami hari ini di (carrenbenfirm@outlook.com atau carrenbenfirm@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman Anda hari ini.

    BalasHapus
  15. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda?
    Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
    mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu.
    Kami meminjamkan dana untuk individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2% .Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami membuat handal dan bantuan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman.

    Jadi hubungi kami hari ini via email di: sandrafitraloanfirmltd@gmail.com

    Salam Hormat,

    Sandra Fitria

    BalasHapus
  16. Anda tidak perlu pinjaman mendesak untuk memecahkan kebutuhan keuangan Anda? Kami menawarkan pinjaman mulai dari 5.000,00 ke 250,000,000.00. Max, kami memiliki handal, efisien, cepat dan dinamis dengan tidak ada pemeriksaan kredit dan menawarkan 100% dijamin pinjaman luar negeri selama periode tersebut semua di sini. Kami juga mengambil pinjaman dalam euro, sterling dan dolar nilai tukar semua pinjaman adalah 2% jika Anda tertarik kembali ke kita melalui. marycoleloanscompany3@gmail.com dengan Informasi berikut:
    Syarat Penggunaan
    negara:
    kota:
    alamat:
    Jumlah yang diminta:
    waktu:
    Umur:
    Jenis kelamin:
    pekerjaan:
    No Telepon:
    Terima
    mrs Mary

    BalasHapus
  17. get Pinjaman modal Dari Bank Lokal, hubungi kami hari ini Label melalui email
    rebeccapascalloancompany@gmail.com
    Apakah Andari Perlu Pinjaman mendesak UNTUK menyelesaikan Tagihan Andari, ATAU UNTUK menangani
    beberapa Tantangan Keuangan? ATAU Andari di-luar sana MENCARI sumur
    menawarkan Pinjaman rahasia UNTUK get Pinjaman? Here Andari Tiba di keinginan Andari
    Diinginkan Langkah Pintu. Here, di REBECCA PASCA Institute Pinjaman menawarkan Pinjaman UNTUK orangutan dewasa JUGA Berlaku minimal
    berusia 18 Tahun differences ke, DENGAN Tingkat bunga serendah minimal 3%,
    Tahun SETIAP. UNTUK get Informasi LEBIH rinci, silakan menempatkan Kami hearts Kontak melalui email Alamat di Bawah Suami.
    rebeccapascalloancompany@gmail.com
    Andari menyarankan UNTUK Mengisi Dan mengembalikan DISETOR di Bawah Suami ..
    Nama Anda: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negaramu: ____________________
    Pekerjaan Anda: __________________
    Jangka Waktu Pinjaman Dibutuhkan: ______________
    Durasi Pinjaman: ____________________
    Pendapatan Bulanan: __________________
    Nomor ponsel: ________________
    Apakah Andari mengajukan Pinjaman sebelumnya: ________________?


    Bertindak Cepat Dan Keluar Dari Tekanan Keuangan, kekacauan Dan kesulitan Diposkan
    menghubungi REBECCA PASCA FINANCE Perusahaan Hari via Email: rebeccapascalloancompany @ gmail.com, Andari Harus diperlakukan DENGAN Yang Terbaik Dari Kami
    Sumber Sampai Andari get dana Suami ditransfer KE Rekening Andari, Dan
    merespon Cepat Dan Cepat Andari menentukan seberapa Cepat Andari akan MENERIMA
    Pinjaman Andari. Tanpa penundaan Terapkan UNTUK Pinjaman Terbaik Dan MUDAH Andari here
    Bersama Kami. KE email silahkan Kami di Via
    email: rebeccapascalloancompany@gmail.com
    Salam Hormat
    Dijawab Diposkan rev, REBECCA PASCA diberkati

    BalasHapus
  18. Kami Christian Organisasi dibentuk untuk membantu orang dalam kebutuhan
    membantu, seperti help.So keuangan jika Anda akan melalui keuangan
    kesulitan atau Anda dalam kekacauan keuangan, dan Anda perlu dana untuk
    memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang atau membayar
    tagihan Anda, memulai bisnis yang bagus, atau Anda merasa sulit untuk
    mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini melalui email
    brucewoodloan@gmail.com
       Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk menyelesaikan tagihan Anda, atau untuk menangani
    beberapa tantangan keuangan? Atau Anda di luar sana mencari sumur
    menawarkan pinjaman rahasia untuk mendapatkan pinjaman? Di sini Anda tiba di keinginan Anda
    Diinginkan pintu langkah. Di sini, di BRUCE WOOD Institute Pinjaman menawarkan pinjaman untuk
    orang dewasa juga berlaku minimal
    berusia 18 tahun ke atas, dengan tingkat bunga minimum serendah 3%,
    Setiap tahun. Untuk mendapatkan informasi lebih rinci, silakan menempatkan kami dalam kontak via
    alamat email di bawah ini.
    brucewoodloan@gmail.com
    Anda menyarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..
    Nama Anda: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negaramu: ____________________
    Pekerjaan Anda: __________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ______________
    Durasi Pinjaman: ____________________
    Pendapatan Bulanan: __________________
    Nomor ponsel: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________?


    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan keuangan, kekacauan dan kesulitan oleh
    menghubungi BRUCE WOOD FINANCE Perusahaan Hari via Email:
    brucewoodloan @ gmail.com, Anda harus diperlakukan dengan yang terbaik dari kami
    sumber sampai Anda mendapatkan dana ini ditransfer ke rekening Anda, dan
    merespon cepat dan cepat Anda menentukan seberapa cepat Anda akan menerima
    pinjaman Anda. Tanpa penundaan Terapkan untuk Pinjaman terbaik dan mudah Anda di sini
    bersama kami. Silahkan email ke Kami di Via
    email: brucewoodloan@gmail.com
    Salam Hormat
    Dijawab oleh rev, BRUCE WOOD diberkati

    BalasHapus
  19. Apakah Anda mencari pinjaman untuk memberdayakan pinjaman bisnis Anda, pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, pinjaman mobil, pinjaman rumah, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal ventura, dll .... atau yang Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih reasons.You berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda! Saya seorang pemberi pinjaman pribadi, saya memberikan pinjaman kepada kedua perusahaan yang tinggi dan yang akan datang dan individu swasta di 2%. Tujuan. Silahkan hubungi kami melalui

    Email: moonlightfinancialloan@gmail.com
    terima kasih,
    Mrs Jean Nikolich.

    BalasHapus
  20. Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang yang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

    PEMINJAM DATA'S
    (1) Nama Lengkap:
    (2) Negara:
    (3) Alamat:
    (4) Kota:
    (5) Sex:
    (6) Status Pernikahan:
    (7) Bekerja:
    (8) Nomor Ponsel:
    (9) Penghasilan Bulanan:
    (10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    (11) Jangka waktu pinjaman:
    (12) Tujuan Pinjaman:

    Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

    E-Mail: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  21. Halo semua orang di sini, aku Gatot-Agus dari Indonesia. apa yang Memakai Ismail dan beberapa orang lain yang akan bersaksi tentang Islam serikat kredit sangat benar. Mereka benar-benar diberikan pinjaman. Mereka tidak seperti yang lain penipuan seniman di sini yang ingin mengambil keuntungan dari orang kemiskinan dan mengumpulkan uang mereka. Aku, juga telah mencoba mereka dan aku juga menegaskan diri sendiri bahwa Islam serikat kredit adalah yang terbaik dan paling aman tempat di mana kau bisa mendapatkan pinjaman online. Aku tak pernah percaya sampai aku mencoba mereka sendiri dan aku sangat mengejutkan aku punya bisnis pinjaman dari Rp680.000.000 minggu lalu. Tidak ada yang dibutuhkan dari saya. Tidak ada yang tersembunyi biaya. Mereka hanya meminta saya untuk mendapatkan PPI asuransi bond untuk mengamankan saya pinjaman yang saya lakukan dan dalam waktu kurang dari 48 jam setelah aku mendapat pesan dari bank saya yang pinjaman telah kredit ke rekening bank-ku. Dear teman-teman, aku tahu ada begitu banyak penipuan di internet. Tapi aku datang untuk percaya bahwa ada masih beberapa baik dan asli yang seperti Islam serikat kredit. Mereka staf yang indah. Mereka punya ketakutan Almight Allah. Semua yang kamu harus lakukan adalah hanya untuk menelan anda takut dan ikuti mereka syarat dan kondisi dan mereka prosedur dan kau akan mendapatkan pinjaman seperti aku. Aku mulai pembayaran pada 4 bulan waktu. Hubungi mereka sekarang jika kau butuh sebuah mendesak pinjaman untuk berbagai tujuan lewat email (frb228815@gmail.com)

    BalasHapus
  22. Halo teman-teman, saya Umar. Saya tinggal di Indonesia. Apa agus setiewana berkomentar sangat benar. Saya juga mendapatkan pinjaman dari serikat kredit Islam. Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman online asli dan legitmate yang saya percaya. Email mereka frb228815@gmail.com

    BalasHapus
  23. Saya Fatimawati, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS.Who yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah QUALITYLOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu. Tapi qualityloan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: qualityloanfirm@asia.com. Email pribadi saya sendiri: fatimatu.said99@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  24. Semoga damai Tuhan bersama Anda.
    adalah Anda seorang pengusaha atau wanita? yang Anda dalam
    Stres keuangan atau apakah Anda perlu dana untuk memulai.
    bisnis Anda sendiri?
    A) ekspansi bisnis Pinjaman pribadi.
    B) start-up bisnis dan pendidikan.
    C) Hutang Konsolidasi
    Nama: ..........................................
    Negara: .........................................
    Lokasi: ..........................................
    Status: .......................................
    Jenis Kelamin: ................................................ ...
    Umur ................................................. ....
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: .........................
    Durasi Pinjaman: ...................................
    Nomor ponsel pribadi: .......................
    bulanan
    Penghasilan: .....................................
    Terima kasih dan Tuhan memberkati.
    Email: marycoleloanscompany3@gmail.com

    BalasHapus
  25. Halo untuk Anda semua !! Saya tidak hanya di sini untuk bersaksi, saya di sini untuk langsung semua pencari pinjaman untuk Wanita Allah. Saya seorang Muslim yang telah sekali mengaku bahwa beberapa orang Kristen dilahirkan dengan hati yang baik, dan Mrs Ohanna Israel, Afrika, Wanita Menikah dengan seorang Manusia Indonesia adalah Lender Pinjaman sah.
    Saya penerima dua kali, dan saya akan menyenangkan mohon Anda semua untuk menghentikan semua transaksi pinjaman sekarang dan mencapai Mrs. Ohanna melalui dirinya Email Ohannaisraeloanfirm@gmail.com.
    Pada awalnya saya diajarkan itu hanya seorang pencuri biasa karena mereka semua berada di Internet tetapi untuk mengejutkan terbesar saya, mimpi saya menjadi kenyataan.
    Saya Ibu Hellen Wibawa, pemilik swasta rumah Beras ware, semua berkat Bu Ohanna, semoga Allah memberkati dia kaya dan keluarganya.
    Hubungi saya untuk alasan yang sangat penting dan tidak untuk bertanya apakah saya mengatakan kebenaran. Saya tidak di sini untuk mengoceh atau bercerita, saya tidak akan menggunakan waktu berharga saya untuk datang ke internet dan membuat diriku sendiri saya.
    getyoureasyloan@gmail.com Semoga Allah bersama Anda semua.

    BalasHapus
  26. Halo Setiap Satu, nama saya Bak Ahmad, aku segera ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan semua Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak palsu pemberi pinjaman kredit di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli, saya ingin geser kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman Legit dan nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman di sini di internet, saya kehilangan begitu banyak uang dengan membayar untuk biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan pinjaman saya. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan scammed sejumlah pelukan uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman kredit legit secara online yang tidak akan menambah rasa sakit saya , maka saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas tentang masalah dan kesimpulan kami dia mengatakan kepada saya tentang Wanita yang disebut Mrs Jeanne Roland yang merupakan CEO dari Jeanne Roland Badan Kredit. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp720,000,000) dengan tingkat bunga rendah dari 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan di mana dibuat tentang transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 4 jam setelah pendaftaran pinjaman adalah disetorkan ke rekening bank saya. Jadi saya ingin saran salah satu yang membutuhkan pinjaman untuk cepat menghubungi dia sekarang email nya di jeanne.loanfirm@gmail.com. Dia tidak tahu bahwa saya melakukan hal ini saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal yang baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di baktionoahmad@gmail.com untuk info lebih lanjut.

    BalasHapus
  27. Halo untuk Anda semua !! Saya tidak hanya di sini untuk bersaksi, saya di sini untuk langsung semua pencari pinjaman untuk Wanita Allah. Saya seorang Muslim yang telah sekali mengaku bahwa beberapa orang Kristen dilahirkan dengan hati yang baik, dan Mrs Ohanna Israel, Afrika, Wanita Menikah dengan seorang Manusia Indonesia adalah Lender Pinjaman sah.
    Saya penerima dua kali, dan saya akan menyenangkan mohon Anda semua untuk menghentikan semua transaksi pinjaman sekarang dan mencapai Mrs. Ohanna melalui dirinya Email Ohannaisraeloanfirm@gmail.com.
    Pada awalnya saya diajarkan itu hanya seorang pencuri biasa karena mereka semua berada di Internet tetapi untuk mengejutkan terbesar saya, mimpi saya menjadi kenyataan.
    Saya Ibu Hellen Wibawa, pemilik swasta rumah Beras ware, semua berkat Bu Ohanna, semoga Allah memberkati dia kaya dan keluarganya.
    Hubungi saya untuk alasan yang sangat penting dan tidak untuk bertanya apakah saya mengatakan kebenaran. Saya tidak di sini untuk mengoceh atau bercerita, saya tidak akan menggunakan waktu berharga saya untuk datang ke internet dan membuat diriku sendiri saya.
    getyoureasyloan@gmail.com Semoga Allah bersama Anda semua.

    BalasHapus
  28. Apakah Anda telah mencari bantuan keuangan mendesak? Anda perlu pinjaman mendesak untuk membayar tagihan dan utang yang ada? Anda mencari bisnis rumah dan pinjaman pribadi, hubungi kami sekarang dengan info di bawah ini.

    Nama Anda:
    negara:
    Jumlah Pinjaman:
    durasi:
    pekerjaan:
    Tujuan dari pinjaman?
    Nomor Telepon:

    Catatan: Semua tanggapan harus maju Hubungi kami sekarang melalui: anitacharlesloancompany@gmail.com atau anitacharlesloancompany@mail.com Terima kasih sudah datang.

    BalasHapus
  29. Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang yang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

    PEMINJAM DATA'S
    (1) Nama Lengkap:
    (2) Negara:
    (3) Alamat:
    (4) Kota:
    (5) Sex:
    (6) Status Pernikahan:
    (7) Bekerja:
    (8) Nomor Ponsel:
    (9) Penghasilan Bulanan:
    (10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    (11) Jangka waktu pinjaman:
    (12) Tujuan Pinjaman:

    Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

    E-Mail: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  30. Halo orang saya, apakah Anda membutuhkan pinjaman ?, apakah Anda di stres keuangan yang baik mariam suleiman akan membantu Anda keluar dari masalah keuangan Anda, saya berada di utang akan kehilangan rumah saya dan bisnis saya, ibu yang baik mariam suleiman membantu saya dengan uang untuk memecahkan masalah keuangan saya, memang dia adalah seorang wanita yang baik, memetikan Anda memiliki masalah keuangan, Anda membutuhkan uang untuk bisnis Anda, Anda perlu uang untuk membayar tagihan Anda atau membeli rumah, apa yang pernah Anda butuh uang untuk, pergi ke ibu yang baik dia akan membantu Anda keluar, dia telah melakukannya untuk saya sebelum dan saya tahu dia terlalu baik dan dia akan berada di sana untuk membantu Anda keluar, dia memberikan pinjaman nya di 2%, hubungi ibu yang baik untuk pinjaman Anda melalui email: mariamsuleimanloanfirm@gmail.com dan menghubungi saya di email saya: aetunie@gmail.com jika Anda membutuhkan arah, Allah adalah besar.

    BalasHapus
  31. Halo, saya Mrs Rose, pinjaman pribadi pemberi pinjaman company.We memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup bagi Anda untuk membayar tagihan dan utang tyour pribadi dan memiliki business.loans Anda diberikan kepada individu dan perusahaan pada tingkat start-up dari 2% . Jadi hubungi kami hari ini via email: rosejohnsonloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  32. apakah Anda memiliki semua jenis masalah keuangan? apakah Anda Perlu pinjaman untuk melunasi utang? kau dalam krisis keuangan? mempercayai kami untuk memperlakukan semua jenis pinjaman, lihat di bawah. Kami terdaftar dan
    Perusahaan berwenang menerbitkan pinjaman sebesar 2%, dengan durasi minimal 6 bulan dan durasi maksimal 30 tahun.
    Kami memberikan pinjaman untuk minimum pada tahun 1000 menjadi maksimal 50 juta.
    menawarkan layanan yang berbeda BAWAH *
    Pinjaman Pribadi (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Kredit Usaha (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Perbaikan rumah
    * Inventor Pinjaman
    * Auto Pinjaman
    * Pernikahan Mortgage
    * Kesehatan Pinjaman, dll
    Jadi .. jika anda tertarik, silahkan kembali kepada kami melalui email kami loveloanfirm8@gmail.com
    dengan Allah segala sesuatu mungkin

    BalasHapus
  33. Halo Semua,
    nama saya kasih bambang, saya dari Indonesia, saya di sini untuk memberikan kesaksian bagaimana saya mendapat pinjaman saya selama 2% dari Ibu Cahya Kirana, dan begitu banyak percaya pada pepatah bilang, apa yang Tuhan telah merancang kita untuk berada di master plan menentukan ilahi iman dan kepercayaan dalam kehidupan. Tidak ada yang terjadi untuk apa-apa, tidak ada yang terjadi secara kebetulan, ada tangan tak terlihat di urusan setiap hubungan dan bahwa tangan tak terlihat yang mendorong takdir ilahi kita, membawa kita untuk takdir. bahwa kita, dan bagaimana saya diarahkan untuk jenis hati manusia Allah. dia memang Tuhan yang dikirim kepada saya dan kehidupan keluarga saya, setelah bodoh dan ditipu oleh pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet, Allah mengarahkan saya untuk dia, tapi semua berkat Tuhan hari ini saya dan keluarga saya telah mampu membersihkan utang kami dan kami memiliki sekali lagi menemukan kebahagiaan dalam hidup kita, sehingga saudara-saudara saya harap berhati-hati, tapi saya akan menyarankan bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman hari menghubunginya dan saya meyakinkan Anda bahwa kebahagiaan dan tersenyum di wajah Anda akan porsi Anda semua hidup Anda Jika Anda melewati situasi keuangan, menghubunginya melalui email di, cahya.creditfirm@gmail.com, Anda juga dapat menghubungi saya di Email ini ,,, kasihbambang2012@gmail.com

    BalasHapus
  34. Halo

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman dari perusahaan yang paling terpercaya dan dapat diandalkan di dunia? jika ya maka hubungi kami sekarang untuk kami menawarkan pinjaman kepada semua kategori pencari baik itu perusahaan atau untuk penggunaan staf atau individu. Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 3%, Hubungi kami melalui email:
    credithome@blumail.org berlaku sekarang dengan informasi di bawah ini.

    (1) Nama Lengkap:
    (2) Alamat Lengkap:
    (3) Negara:
    (4) Umur:
    (5) Pekerjaan:
    (6) Beritahu nomor telepon:
    (7) Sex:
    (8) Jumlah Pinjaman yang dibutuhkan:
    (9) Durasi Pinjaman

    Email kami di: credithome@blumail.org

    Terima kasih

    BalasHapus